Senin, 03 Oktober 2011

Apa Itu IlmuKomputer.Com

IlmuKomputer.Com adalah situs yang memuat materi dan kuliah gratis di bidang ilmu komputer dan teknologi informasi, dalam bahasa Indonesia. Misi utama kami adalah mengambil bagian dalam usaha mencerdaskan anak bangsa, terutama dalam pendidikan ilmu komputer. Materi di IlmuKomputer.Com terbagi dalam:
  • Kuliah Pengantar: berisi pengantar ilmu komputer secara umum, misalnya pengenalan, sejarah, klasifikasi bidang, tokoh-tokoh dalam ilmu komputer, dsb.
  • Kuliah Umum: berisi materi tentang ilmu komputer dalam berbagai aspek dalam perspektif umum dan sifatnya tidak berseri, bisa berupa pengenalan, hasil review, dsb.
  • Kuliah Berseri: berisi kuliah berseri tentang ilmu komputer dalam berbagai aspek secara teknis dan mendetail, baik berupa teori-teori dasar informatika, bahasa pemrograman, jaringan komputer, sistem operasi, dsb.
  • Artikel Populer: berisi artikel dan tulisan populer dalam bidang ilmu komputer yang mudah dipahami oleh masyarakat umum.
  • Tips dan Trik: berisi artikel pendek berbentuk tips dan trik dalam dunia internet, administrasi server/jaringan, pemrograman, program aplikasi, komputer, dsb yang bermanfaat.
  • Thesis dan Disertasi: berisi thesis dan disertasi S1, S2 ataupun S2 dalam berbagai tema bidang ilmu komputer dan teknologi informasi.
Pendiri dan koordinator umum IlmuKomputer.Com adalah Romi Satria Wahono. Proyek ini sudah kami kerjakan secara serius sejak awal tahun 2003. Tepat pada tanggal 17 April 2003, kami merelease situs ini. Sambutan dari teman-teman baik di republik maupun di luar negeri cukup menarik, baik masuk lewat milis komunitas, buku tamu situs, maupun yang masuk lewat email pribadi. Beberapa seminar tentang pendidikan yang diadakan di Tokyo, sempat mengangkat situs IlmuKomputer.Com sebagai salah satu model sistem pendidikan online berbahasa indonesia. Juga telah dipresentasikan di conference temu ilmiah PPI Jepang di Osaka pada bulan september 2003. IlmuKomputer.Com juga telah terpilih mewakili Indonesia dalam World Summit Award 2003 (WSIS) yang diselenggarakan oleh PBB dalam kategori elearning. Dan akhirnya mendapatkan penghargaan dari WSIS sebagai "the 21 Continental Best Practice Examples

Tidak ada komentar:

Posting Komentar